PENITNGNYA SAYURAN UNTUK KESEHATAN TUBUH

5 SAYURAN DAN MANFAATNYA, KAMU WAJIB TAHU !!!


  

Budaya makan sayuran sudah ada sejak jaman dahulu, bahkan jauh sebelum ada ilmu gizi yang menyatakan dengan jelas akan manfaatnya bagi kesehatan. Menurut beberapa literatur, manusia purba sudah makan produk dari tanaman lebih banyak dari daging, karena memang itulah makanan yang banyak tersedia disekitar mereka. Seiring dengan berkembangnya peradaban, budaya pertanian pun akhirnya dikembangkan.
Makan Sayuran adalah keharusan bagi yang sadar akan pentingnya kesehatan, karena tidak semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh ada pada produk hewani. Akan tetapi manusia juga masih perlu untuk mengkonsumsi produk hewani dengan alasan yang sama. Tubuh memerlukan banyak protein dan asam lemak, dan yang banyak ditemukan dari sumber hewan karena tubuh kita juga butuh keseimbangan untuk melaksanakan fungsinya dengan baik.Contoh beberpa sayuran yang wajib kita konsumsi seperti bayam, wortel, tomat, kentang dan mentimun. Banyak manfaat yang bisa kita dapat dari mengkonsumsi sayuran-sayuran tersebut.





  
BAYAM
Manfaat dari bayam bagi kesehatan sebagai berikut :
1.      Pencegahan kanker secara efektif. Mengkonsumsi bayam mampu mencegah kanker pada tubuh, Kandungan Flavonoid yang ada bayam yang berfungsi mencegah kanker.
2.      Nutrisi sempurna untuk jantung. Bergaya hidup tidak sehat yang dapat menyebabkan serangan jantung dan penyakit jantung. Mulailah mengkonsumsi bayam karena bayam mengandung vitamin A, C, Folat dan magnesium
3.      Meningkatkan memori otak. Seiring bertambahnya usia sehingga kemampuan daya ingat semakin berkurang,kandungan dalam bayam dapat meningkatkan memori daya ingat dalam otak.
4.      Penglihatan yang lebih baik. Kandungan bayam mengandung Vitamin A dan lutein yang dapat menutrisi organ mata sehingga mencegah penurunan kemampuan penglihatan secara dini dan mencegah katarak.
5.      Menyehatkan organ pencernaan. Bayam mengandung serat yang tinggi sehingga efektif menyehatkan organ pencernaan dan mencegah timbulnya berbagai penyakit dalam pencernan.
6.      Menutrisi tulang dan sendi. Bayam mengandung kalsium dan magnesium yang dapat mencegah osteoporosis (pengroposan tulang) sehingga dapat menguatkan tulang.

WORTEL
Manfaat wortel yang sudah terkenal adalah membantu kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang sarat pada setiap umbinya berfungsi sebagai suplemen kesehatan mata. Wortel bersifat antioksidan sehingga sangat bermanfaat sebagai pencegah katarak. Wortel juga mengandung vitamin-vitamin yang lain yaitu B1, B2, B3, B6, B9, C, zat kalsium, zat Magnesium, zat sodium, zat fosfor dan zat kalium. Selain itu, manfaat wortel ternyata tidak hanya terbatas sebagai  kesehatan mata. Dalam sebuah penelitian, didapatkan hasil bahwa wortel membantu menurunkan kadar kolesterol jika dikonsumsi secara rutin setiap harinya. Dalam penelitian yang lain juga didapatkan hasil yaitu wortel dapat mengurangi resiko penyakit stroke hingga mencapai lebih dari 50%. Wortel juga berperan dalam pencegahan kanker paru-paru. Dalam sebuah penelitian didapatkan hasil bahwa orang dengan betakaroten yang rendah mempunyai resiko lebih besar terkena penyakit kanker paru-paru.

Wortel dapat membantu masalah pencernakan yaitu mampu mengobati susah buang air besar yang seringkali kita rasakan. Cara kerja wortel dalam mengatasi sembelit adalah menaikkan jumlah tinja sehingga melancarkan pembuangan akhir. Bagi kecantikan, wortel juga punya peran yang besar dalam menyehatkan kulit. Dengan mengkonsumsi wortel yang cukup setiap harinya, kulit badan yang kering dan kasar akan berangsur kencang dan melembut.Wortel bagi ibu yang sedang menyusui dapat meningkatkan produksi ASI.

TOMAT
Manfaat tomat bagi tubuh kita diantaranya sebagai berikut:
1.      Menurunkan resiko Kanker
Tomat mengandung berbagai antioksidan kuat seperti vitamin C dan likopen, maka bisa membantu mencegah pembentukan radikal bebas yang telah diketahui dapat enyebabkan kanker, termasuk jenis yang paling umum yaitu kanker prostat, dan kanker kolorektal(kanker usus). Likopen dalam tomat dikaitkan menurunkan resiko kanker prostat, sementara betakaroten yang tinggi pada tomat dikaitkan dengan pencegahan kanker kolorektal. Menurut beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan diet kaya tomat mungkin memiliki risiko lebih rendah terhadap jenis kanker tertentu, terutama kanker prostat, kanker paru, dan kanker kolorektal. Penelitian lebih lanjut berbasis manusia masih diperlukan untuk mengetahui apa sebenarnya peran likopen dalam pencegahan atau pengobatan kanker.
                                                                                 
2.      Menormalkan Tekanan darah
Mengurangi asupan natrium penting untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi, namun meningkatkan asupan kalium juga mungkin sama pentingnya karena efek vasodilatasinya. Menurut literatur, asupan kalium tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dari semua penyebab hingga 20%. Dalam hal ini tomat juga tinggi akan kandungan kalium.
3.      Menyehatkan jantung
Serat, kalium, vitamin C, dan, kolin adalah senyawa yang ditemukan dalam jumlah cukup baik pada tomat, semuanya sangat diperlukan untuk mendukung kesehatan jantung. Peningkatan asupan kalium yang disertai dengan menurunkan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
4.      Manfaat bagi diabetes
Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe dengan diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang rendah, dan pada diabetes tipe 2 mungkin mendapatkan manfaat untuk kadar gula darah, lipid, dan kadar insulin. Secangkir tomat menyediakan sekitar 2 gram serat.
5.      Meremajakan Kulit
Adanya kandungan kolagen, hal ini karena vitamin C adalah nutrisi penting yang bekerja dalam tubuh sebagai antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan kulit akibat panas matahari, polusi, kerutan, dan secara keseluruhan meningkatkan tekstur kulit.
6.      Mencegah sembelit
 Sembelit adalah kondisi yang sangat menyiksa, dan jika sering terjadi bahkan bisa meningkatkan resiko kanker usus. Makan makanan yang tinggi kandungan air dan serat seperti halnya tomat bisa membantu untuk terhidrasi dan melancarkan BAB. Serat sangat penting untuk meminimalkan kejadian sembelit dan mengeluarkan seluruh feses tanpa tersisa.
7.      Manfaat bagi kehamilan : Tomat mengandung folat, dimana nutrisi yang bernama folat ini sangat terutama bagi wanita hamil. Hal ini berguna untuk melindungi janin dari resiko cacat tabung saraf.Selain penting bagi janin, Asam folat dalam tomat juga bisa membantu meredakan depresi dengan cara mencegah kelebihan pembentukan homosistein dalam tubuh. Kelebihan hormon ini bisa menghambat darah dan nutrisi untuk mencapai otak. Kelebihan homosistein juga akan mengganggu produksi hormon bahagia yaitu serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur suasana hati, tidur dan nafsu makan juga.

KENTANG
Pada kentang terkandung zat-zat seperti karbohidrat, fosfor, zat besi, protein, lemak nabati dan kalsium serta mineral-mineral penting lainnya. Hal ini yang menjadikan kentang baik dikonsumsi dalam menu makan sehari-hari.Manfaat kentang sebagai berikut :
1.      Pencegahan kanker
Vitamin B6 pada kentang ampuh melawan terjadinya pembentukan tumor dalam tubuh yang sangat memicu kanker, dalam hal ini adalah kanker prostat pada pria dan kanker rahim pada wanita. Mengkonsumsi kentang akan mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh dan telah banyak studi yang membuktikannya.
2.      Mengurangi kadar kolesterol
Manfaat kentang dalam mengurangi kadar kolesterol berasal dari kandungan zat potasium yang cukup banyak dalam dirinya.
3.      Mengurangi resiko batu ginjal
Kandungan kalsium dan zat besi dalam kentang dapat memicu pembentukan batu ginjal, namun magnesium yang kaya pada kentang dapat menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal.
4.      Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Asupan natrium harus dikurangi agar dapat membantu dalam hal menurunkan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium cukup penting untuk menurunkan tekanan darah ini. Sumber zat lain seperti kalium, magnesium, dan kalsium  merupakan zat yang dipercaya dapat menurunkan anda yang memiliki tekanan darah tinggi.
5.      Kesehatan Tulang
Kentang sangat baik untuk tulang, kandungan zat besi yang terdapat pada kentang memastikan ia sangat membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang secara keseluruhan. Zat Besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan seng yang ada dalam kentang merupakan kombinasi sempurna untuk membangun dan membentuk struktur serta kekuatan tulang.
6.      Membangun dan pembentukan sel
Vitamin B6 berfungsi untuk melakukan pemrosesan reaksi kimia yang dibutuhkan untuk membentuk sel dalam tubuh. Vitamin B6 dibutuhkan lebih dari 100 reaksi enzimatik. Sebagian besar protein dan asam amino membutuhkan vitamin B6 untuk sintesis dalam pembentukan DNA dalam tubuh. Vit b6 digunakan untuk pembentukanl sel baru tubuh kita.

ME MENTIMUN
Ketimun adalah sayuran yang banyak mengandung air dan bertekstur renyah, yang biasanya banyak di sajikan sebagai pelengkap untuk makan nasi lalapan, salad, rujak, hingga sandwich. Kandungan klori mentimun sangat rendah, namun ia mengandung banyak nutrisi daripada hanya sekedar air dan elektrolit. Bahkan hampir semua nutrisi yang diperlukan untuk diet seimbang terdapat dalam buah sayuran yang menyegarkan ini. Manfaat mentimun sebagai berikut :
1.      Kalori mentimun sangat rendah, yaitu hanya 15 gram kalori per 100 gram .Tidak mengandung lemak atau kolesterol jenuh. Menkonsumsi mentimun bisa sebagai obat untuk mengatasi sembelit kronis.
2.      Kulit mentimun mengandung serat makanan yang tinggi, yang membantu untuk mengurangi sembelit, gangguan pencernaan dan mencegah penyakit lambung yang berkaitan dengan detoksifikasi usus.
3.      Penyembuhan penyakit kandung kemih dan ginjal. Kandungan air dalam mentimun yang membantu fungsi ginjal dengan cara mempromosikan buang air kecil. Konsumsi sayuran ini secara teratur juga dapat melarutkan batu ginjal.
4.      Masalah pencernaan seperti mulas, asam lambung, gastritis dan bahkan tukak lambung dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi rutin mentimun atau jus mentimun. Enzim yang disebut Erepsin dalam ketimun juga membantu dalam pencernaan protein.

5.      Manfaat revitalisasi. Masker wajah yang mengandung sari mentimun bermanfaat untuk mengencangkan kulit.
6.      Mengandung kandungan pemutih ringan yang dapat membalikkan taning pada kulit, sehingga kulit kembali muda dan berscahaya kembali.
7.      Asam askorbat dan asam caffeic dalam mentimun bisa membantu mengurangi pembengkakan di sekitar mata.
8.      Mentimun yang diiris atau dihaluskan yang di terapkan pada kulit akan membantu masalah kulit akibat terbakar akibat sengatan sinar matahari. Hal ini merupakan cara alami, lembut dan murah untuk mengobati luka bakar akibat matahari .
9.      Manfaat yang paling penting untuk rambut adalah memperkuatnya. Mentimun dalam bentuk jus berkontribusi bagi pertumbuhan rambut, terutama karena kandungan silikon, sulfur sodium, fosfor dan kalsium, yang merupakan nutrisi yang paling dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut .


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang AKFAR theresiana Semarang

Perpustakaan Akfar theresiana